Rabu, 13 Desember 2017

Balai Besar POM Padang Gerebek Rumah Penyimpanan Obat Tak Berizin

TOPIKINI.COM – Petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Kota Padang dan aparat reserse kriminal khusus Polda Sumatera Barat, menggerebek sebuah rumah yang dipakai sebagai tempat penyimpanan obat-obatan. Petugas berhasil menyita ribuan obat berbagai merek, buatan berbagai perusahaan farmasi.

Sebuah rumah yang cukup besar di Jalan Kartini nomor 22 Padang, Kamis (20/4) siang, digerebek petugas gabungan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Kota Padang dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Barat. Penggerebekan dilakukan karena di dalam rumah tersebut disimpan ribuan obat berbagai merek dari berbagai perusahaan farmasi ternama.

Padahal, rumah yang belum diketahui pemiliknya tersebut, tidak mengantongi izin sebagai Perusahaan Besar Farmasi (PBF) yang mendistribusikan obat-obatan. Ketika digerebek, tidak ada penghuni rumah yang muncul. Petugas mendapati dua kamar dalam rumah tersebut, yang dijadikan sebagai gudang penyimpanan obat-obatan.

Petugas sudah lama mengintai rumah tersebut, karena banyak sekali order obat, justru disuplai dari rumah tersebut. Padahal pemiliknya diketahui memiliki sebuah apotik di Pasar Raya Padang. Berbagai macam permintaan obatpun, disuplai dari rumah ini.

“Sebenarnya dia punya apotik di pasar. Tapi ketika order banyak, justru obat diambil dari sini. Seharusnya dia minta ke PBF. Sedangkan rumah ini tidak mengantongi izin PBF. Nanti kami selidiki semua,” kata Zulkifli, Kepala Balai Besar POM Padang.

Petugas kemudian membawa semua obat-obatan dalam kardus tersebut ke kantor Balai Besar POM Padang untuk diperiksa lebih lanjut.

Petugas akan menyelidiki izin pendistribusian obat-obatan ini, kemana saja jaringannya, kemudian jenis obat-obatan yang didistribusikan, apakah masuk kategori yang masih diizinkan beredar, atau sudah dilarang beredar. Pemberian sanksi akan tergantung dari pelanggaran yang ditemukan. (dio)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *